Pedagang tahu beromzet jutaaan

RODA kehidupan memang berputar. Kesabaran, ketekunan, kerja keras,dan pantang menyerah menjadi modal utama seorang pedagang tahu keliling yang kini menjadi bos pabrik yang memproduksi bahan makanan beromzet jutaan rupiah.

Adalah Acim Artasin (45) yang pertama kali menginjakkan kakinya di Jakarta, tepatnya di daerah Kebayoran Lama, sekira 1971 silam. Ketika itu, dia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Kedatangannya di Jakarta langsung membawanya mengenal acara berdagang di pasar tradisional. Akhirnya, sembilan tahun kemudian, Acim mulai menggeluti proses jual beli bahan makanan. Berdagang tahu menjadi pilihan pekerjaan baginya. Bisnis keluarga menjadi salah satu latar belakang Acim untuk ikut serta memasarkan tahu dengan sasaran rumah tangga. Mulailah Acim berdagang tahu keliling yang kala itu keuntungan yang didapatnya tidak lebih dari seratusan ribu rupiah per hari.

Meskipun setiap harinya Acim harus berjalan menyusuri jalan di bawah terik matahari, dia melakukannya untuk kehidupan yang diyakini akan lebih baik. ”Sambil berjualan keliling kompleks perumahan, saya juga mulai mengumpulkan modal untuk usaha,” ujar Acim saat ditemui harian Seputar Indonesia (SINDO) di pabrik tahu miliknya di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Kesabaran, ketekunan, dan kerja keras tanpa mengeluh ternyata membuahkan hasil. Setelah lebih kurang 19 tahun berjualan tahu keliling, modal yang dikumpulkan Acim pun mulai menumpuk. Tidak banyak memang,namun bisa membuat pekerjaannya sedikit lebih ringan. Minimal, dengan modal yang dia punya, bisa membuatnya berjualan tahu di pasar tradisional tanpa harus keliling.

Tahun 2000 mulailah Acim memasarkan tahunya di pasar tradisional. Meskipun sudah berjualan di pasar, Acim tidak berhenti mengumpulkan dana untuk memajukan usahanya. Tiga tahun lamanya di berjualan di pasar, peluang membesarkan usahanya nampak di depan mata. ”Awal 2003, ada pengusaha pabrik tahu yang bangkrut dan menawarkan saya untuk membeli pabrik dan alat-alat produksinya. Kesempatan itu langsung saya ambil,” ucapnya mengenang. Sebuah pabrik pengolahan tahu yang berdiri di atas tanah seluas 100 meter persegi menjadi titik balik perjalanan usaha Acim yang lebih besar. Untuk memulai menjadi seorang bos industri pengolahan bahan makanan, Acim tentu harus merogoh kantong lebih dalam.

Untuk membeli bangunan pabrik pengolahan, dibutuhkan dana yang tidak sedikit, yakni berkisar Rp9 juta. Sementara untuk membeli perabotan dan beberapa alat produksi pengolahan tahu seperti mesin uap,tungku air,dan lainnya, Acim membutuhkan dana minimal Rp7 juta. Tentu saja dana tersebut lumayan besar di mata Acim. Namun, tekadnya sudah sebesar gunung untuk mengambil kesempatan ini dan bisa memulai bisnis dengan keuntungan yang cukup menjanjikan di kemudian hari. Dua tahun kemudian, Acim memutuskan menjalankan bisnis ini. Awal tahun 2005, Acim memberanikan diri meminjam modal ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp35 juta yang untuk membeli lahan pabrik dan bangunannya beserta peralatan pengolahan tahu.

”Harga tanah sendiri sudah sangat mahal sekitar Rp50 juta, tapi bisa dicicil.Jadi pinjaman dari bank bisa untuk memulai usaha sambil menabung untuk melunasi utang tanah dan utang ke bank,” jelasnya. Sadar tidak mampu menjalankan industri pengolahan makanan seorang diri, Acim merekrut tujuh tenaga kerja yang sudah terampil dalam menjalankan mesin pengolahan maupun yang masih baru. Bahkan,dia pernah mempekerjakan 20 orang sekaligus. Namun, jumlah tersebut tidak bertahan lama.Kini,di pabrik kecil miliknya itu, dia mempekerjakan sedikitnya sembilan tenaga kerja.

Acim menceritakan, pada awalnya, industri pengolahan tahu miliknya hanya mampu memproduksi sedikitnya 1 kuintal tahu per hari yang kemudian didistribusikan ke pasar tradisional di daerah Ciputat dan sekitarnya. Menurutnya, tidak banyak keuntungan atau omzet yang diperolehnya pada masa awal menjalankan bisnis ini. ”Paling besar keuntungan per hari hanya Rp300.000. Itu pun sudah dikurangi dengan belanja bahan dasar pembuat tahu dan upah pekerja di sini,” paparnya. Optimisme terpancar dalam diri Acim. Meskipun kondisi awal tidak menguntungkan dan jauh dari ekspektasinya, dia tetap yakin bisnis yang dijalankan akan membawanya pada kehidupan yang lebih baik.

Optimisme yang tinggi membawanya bekerja lebih keras. Alhasil, perlahan tapi pasti, pabrik miliknya mulai berkembang. Acim bukanlah orang pertama yang memiliki pabrik pengolahan tahu di daerah Ciputat dan sekitarnya. Kerasnya persaingan dan kualitas bahan makanan jadi yang diolah di pabrik dan dipasarkan di pasar tradisional membuat Acim tidak boleh menyerah. Alhasil,kini pabrik pengolahan tahu miliknya mampu memproduksi sedikitnya 6 kuintal tahu per hari untuk dipasarkan di rekanannya di pasar Ciputat dan sekitarnya. Lebih dari 1.000 tahu putih ukuran besar dan 790 tahu ukuran kecil yang biasanya dikonsumsi di rumah tangga dihasilkan dari pabrik kecil miliknya. Tentu saja, kuantitas ini harus dibayar cukup mahal.

Biaya produksi dalam sehari mencapai Rp5 juta. Biaya itu tidak hanya dipergunakan untuk membeli bahan dasar pengolahan tahu, biaya proses pengolahan,dan upah bagi para pekerjanya. Jika sehari saja biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp5 juta,maka selama kurun waktu satu bulan, dana sebesar Rp150 juta harus dikeluarkan untuk memproduksi tahu-tahu berkualitas dan bergizi tinggi. Keuntungan yang didapatnya pun terbilang sudah cukup besar baginya. Jika pada awalnya hanya meraup keuntungan Rp300.000 per hari, kini omzetnya jauh di atas itu. Sayangnya, dia enggan menyebutkan omzet yang didapatnya kini.

”Yang jelas bisa untuk menutupi biaya produksi dan bisa membayar cicilan utang ke bank,” katanya sambil tersenyum. Untuk mendistribusikan hasil pengolahannya, Acim juga memiliki sebuah mobil operasional berjenis pikap yang siap mengantarnya ke pasar tradisional setiap malam. Salah satu kebanggaannya dengan bisnis ini, Acim sudah berhasil mengantarkan anaknya menjalani proses pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi di Kota Bandung.

Setiap usaha menuju kesuksesan kerap menemui hambatan. Begitu pula yang terjadi pada bisnis industri pengolahan bahan makanan yang dirintis Acim.

Langkahnya menapaki dunia usaha tidak berjalan mulus. Insiden kebakaran yang melanda pabrik tahu miliknya adalah duka terdalam selama dia menjalankan bisnis ini. Amukan si jago merah pada 2005 silam membumihanguskan seluruh bangunan pabrik tahu beserta isinya. Beruntung, rumah tinggalnya yang persis berdampingan dengan pabrik itu tidak ikut habis terbakar. ”Semua ludes dan tidak bersisa. Yang tersisa hanya pakaian yang menempel di badan saja. Ini cobaan terberat selama saya menjalankan usaha ini,” kenang Acim. Kebakaran yang terjadi lima tahun silam bermula karena mampetnya minyak tanah dalam tungku sehingga membuat api di tungku uap membesar dan melahap seluruh barang di dalamnya.

Kerja keras Acim pun seolah habis tidak bersisa. Akibat insiden amukan si jago merah tersebut, Acim mengalami kerugian sekitar Rp100 juta,angka yang cukup besar baginya. Pascakebakaran,tentu saja semua harus dimulai dari awal lagi. Acim mulai mengumpulkan modal untuk melanjutkan usahanya. Acim pun menggadaikan mobil operasional miliknya untuk mendapatkan dana Rp35 juta. ”Waktu itu tidak berutang lagi karena dibantu oleh saudara-saudara saya yang menyumbangkan barang-barang berharga untuk modal saya.Dari saudara-saudara,saya dapat Rp30 juta,”papar Acim. Tidak mau menyerah dengan keadaan, Acim mulai merangkai kembali usahanya.Tragedi kebakaran tersebut justru semakin memperbesar usahanya.

Bangunan pabrik yang semula hanya 100 meter persegi kini diperlebar hingga menjadi 200 meter persegi.Bangunan pabrik miliknya terlihat lebih luas dan bisa dipergunakan untuk memaksimalkan produksi tahu.Selain itu,dia juga berhasil menebus kembali mobil operasional yang digadaikan untuk memulai usaha pascakebakaran. Bahkan, kini Acim sudah terlihat lebih maju beberapa langkah. Pada sepetak lahan di depan pabriknya, terparkir sebuah mobil keluarga. Meskipun dibeli dengan mencicil Rp4,5 juta per bulan, mobil itu seolah menjadi bukti keberhasilan kerja keras Acim

http://economy.okezone.com/read/2010/09/19/22/373549/juragan-tahu-yang-kini-beromzet-jutaan

14 thoughts on “Pedagang tahu beromzet jutaaan

  1. Mantap :)

    Kami adalah Sofamart home industri yang mengkonsentrasikan hanya khusus dibidang sofa saja. kami dapat menjamin bahwa harga yang kami berikan adalah harga dengan kwalitas yang terbaik.

    kami membuka diri untuk bekerjasama dengan interior design maupun toko-toko yang menjual produksi kami. dengan berpengalaman mengirim hasil produksi sampai keluar kota/pulau maka kami juga mengharapkan bisa bekerja sama dengan orang yang menangani proyek sampai luar kota dan luar pulau.

    Gambar yang kami tanyangkan merupakan semple saja dan untuk proses produksi - lama pengerjaan 2 - 4 minggu tergantung sedikit banyaknya pemesanan.

    informasi lebih lanjut 089667720632 atau 2984AD55

    perumahan griya bakti praja No.13 Mangunjiwan demak, jawa tengah Indonesia

    BalasHapus
  2. Memberikan PELATIHAN JUALAN VIA ONLINE Sampai DAPAT ORDER

    Malang, 30 Juni 2013

    Selamat Pagi,

    Guna memberdayakan INDONESIA dan MENSUKSESKAN dunia internet yang POSITIF, kami menawarkan untuk memberikan Talkshow yang dilanjut Seminar dan terakhir Workshop sampai mendapatkan PROFIT dari Internet.

    Sedangkan trackrecord siapa kami, silahkan di crosscheck di google dengan ketik : "AGUS PIRANHAMAS" lalu ubek ubek KREDIBILITASNYA. Ada baiknya untuk berdiskusi dengan kami guna kerjasama yang saling MENGUNTUNGKAN, kedepannya dan merubah kehidupan kita.

    Demikian yang kami sampaikan, dan semoga sukses selalu akhirat dan dunianya, AAMIIN ... Kami selalu menunggu khabar baiknya.

    Hormat Kami,
    Agus PIRANHAMAS
    081 333 841183 (Telkomsel)
    http://www.pembicarainternetmarketing.com/

    BalasHapus
  3. penghasilan cuma cuma selama sebulan $45 (TANPA MODAL)
    1 buka link yang ada di bawah ini atau copy linknya aja
    http://www.AWSurveys.com?R=883851

    2 click create account
    3 isi data kalian
    Mulai dari username
    Kemudian password
    Tulis email,gender,date of birth
    And click create free account
    4 yang keempat jika kalian sudah terdaftar kilik home lalu klik paid website review and lalu beri komentar gitu terus sampe dollar nya banyak kalo sudah gini kalian bisa buat akun paypal
    5 untuk yang belum punya paypal klik disini gan
    https://www.paypal.com
    6 nah kalo sudah kita kembali ke awsurvey dan kembali klik home and klik cash out (CASH OUT MIN $15)
    7 sudah jadi deh???


    SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL
    (PER SURVEYNYA $0,3 )
    (SETIAP HARI SURVEY ADA 1-5 UNTUK STANDART)
    (CASH OUT MIN $15)
    ILUSTRASI
    5x0,3x30=$45
    itu hasil survey kamu sendiri belum
    refferal kamu tapi hasil survey refferal sangat sedikit hanya 10% dari per survey kamu
    per survey kita biasanya $0,3 jadi $0,03
    jadi kalo kita punya 10 refferal saja maka
    ILUSTRASI
    10x0,03x30=$9



    berarti kalo sebulan kita dapat
    ILLUSTRASI
    45+9=$54
    LUMAYAN LAH PERBULAN DAPET SEGITU
    SELAMAT MENCOBA

    BalasHapus
  4. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR +62852-2948-7855 ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT

    BalasHapus
  5. wah thanks artikelnya ya, sangat bermanfaat sekali. ini ada usaha yang mantap dan nan dahsyat kreatifnya. namanya t-preneur (T-shirt entrepreneur indonesia) menjual kaos motivasi pengusaha. bisa di cek produknya di http://t-preneur.com/

    BalasHapus
  6. good pak acim trimaksih ats motivasi nya

    BalasHapus
  7. hadiri acara kumpulan pengusaha muda, lihat selengkapnya di link ini !

    https://www.facebook.com/notes/betha-ahsania/0822-2921-0222-pengusaha-sukses-pegusaha-indonesia-pengusaha-muda-pengusaha-di-i/684805578237166

    BalasHapus
  8. artikelnya sangat bagus dan inspiratif gan.....
    ijin nyimak dan nitip link juga ya gan,,,

    http://rentalmobilalamsyah.blogspot.com/
    http://alamsyahgroup.wordpress.com/
    http://jilbabkuu.wordpress.com/

    BalasHapus
  9. Halo kawan - kawan jika kalian memerlukan daging semur siap makan murah harganya 5 Potong cuma 30.000 aja contak caya 081389535416 bisa di kirim via Tiki Yes 1 Hari sampe
    makan dulu bayar setelah makan.

    BalasHapus
  10. Halo kawan - kawan jika kalian memerlukan daging semur sapi siap makan murah harganya 5 Potong cuma 30.000 aja contak caya 081389535416 bisa di kirim via Tiki Yes 1 Hari sampe
    Makan dulu bayar setelah makan.Dijamin Halal

    BalasHapus
  11. Boleh laah,,,Ditunggu Update selanjutnya yaa. Saya juga menemukan online shop baru yang dapat dipercaya menjual SoftLens Bening,Warna dan eyedrops x2 dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim.
    Buruan..

    BalasHapus
  12. saya serenity autumn, saat ini tinggal di texas city, usa. Saya seorang janda saat ini dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Mei 2019 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. tetapi seperti yang diinginkan, saya diperkenalkan kepada seorang wanita dewa pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberi saya pinjaman sebesar 850.000,00 usd dan hari ini saya adalah pemilik bisnis dan anak-anak saya baik-baik saja saat ini, jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mengamankan pinjaman tanpa agunan, tanpa pemeriksaan kredit, tanpa penandatangan bersama hanya dengan 2 tingkat bunga dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi mr pedro di email pedroloanss@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya Saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan saya juga ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak.

    BalasHapus

Alamat

Jln Solo-Tawangmangu Km 13